AZIZAH, NUR (2011) Usaha Mencapai Sukses Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SMP Al-Firdaus Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (258kB) |
|
|
PDF
BAB_1.pdf Download (195kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
||
PDF
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) |
||
PDF
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (121kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kekurangan dan keterbatasan pada diri anak berkebutuhan khusus menjadikan sebagian memiliki rasa minder dan rendah diri (inferior) dalam berinteraksi dengan lingkungan. Namun perasaan tersebut justru akan memotivasi anak berkebutuhan khusus berjuang mencapai sukses (striving for succes). Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan arti sukses menurut anak berkebutuhan khusus, mendiskripsikan bentuk usaha dan faktor-faktor yang dapat mengembangkan usaha mencapai sukses pada anak berkebutuhan khusus, serta mendiskripsikan bentuk dukungan orang tua dan pihak sekolah terhadap anak berkebutuhan khusus dalam usahanya mencapai sukses. Informan dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak sepuluh orang. Data penelitian adalah data kualitatif pendekatan fenomenologis. Sumber data berupa kata-kata yang dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif yaitu berupa paparan, uraian dan gambaran. Hasil penelitian, pertama kesuksesan bagi anak berkebutuhan khusus adalah bagaimana seseorang bisa berhasil mendapatkan apa yang diinginkan; kedua usaha yang dilakukan yaitu dengan melakukan bentuk kompensasi, yaitu menutupi kekurangan dengan kelebihan yang lain, usaha yang dilakukan dengan cara belajar, berlatih, berusaha, dan bekerja keras; ketiga faktor-faktor yang dapat mendukung usaha mencapai sukses antara lain, konsep diri positif, keyakinan hati, kepercayaan diri, semangat, optimis, dan berdo’a; keempat bentuk dukungan dari lingkungan yaitu dengan senantiasa membangun konsep diri positif, mendekatkan pada nilai-nilai pendidikan Islam serta memberikan beberapa fasilitas dan program pembelajaran yang dapat mendukung anak berkebutuhan khusus mengatasi kesulitan dan kekurangan yang dimiliki, diharapkan dalam kehidupannya terbebas dari rasa rendah diri dan putus asa, sehingga mampu berprestasi seperti pada individu normal lainnya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | usaha mencapai sukses, anak berkebutuhan khusus |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Ken Retno Yuniwati |
Date Deposited: | 18 Oct 2011 10:46 |
Last Modified: | 18 Oct 2011 10:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15150 |
Actions (login required)
View Item |