PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA, DAN KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP ETOS KERJA GURU SEKOLAH DASAR DI UPTD DIKSPORA KECAMATAN JEBRES SURAKARTA

Budiarti, Dyan (2011) PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA, DAN KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP ETOS KERJA GURU SEKOLAH DASAR DI UPTD DIKSPORA KECAMATAN JEBRES SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Judul.pdf

Download (326kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja, dan komunikasi internal terhadap etos kerja guru Sekolah Dasar di Unit Pelaksana Teknis Daerah Dikspora Kecamatan Jebres Kota Surakarta. (2) Untuk menganalisis dan menguji signifikasi pengaruh kepemimpinan terhadap etos kerja guru Sekolah Dasar di Unit Pelaksana Teknis Daerah Dikspora Kecamatan Jebres Kota Surakarta. (3) Untuk menganalisis dan menguji signifikasi pengaruh motivasi kerja terhadap etos kerja guru Sekolah Dasar di Unit Pelaksana Teknis Daerah Dikspora Kecamatan Jebres Kota Surakarta.(4) Untuk menganalisis dan menguji signifikasi pengaruh komunikasi internal terhadap etos kerja guru Sekolah Dasar di Unit Pelaksana Teknis Daerah Dikspora Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan mengambil lokasi di Sekolah Dasar Unit Pelaksana Teknis Daerah Dikspora Kecamatan Jebres Surakarta. Banyaknya populasi dalam penelitian sebanyak 492 guru. Sampel yang diambil sebanyak 202 guru berdasarkan tabel Nomogram pada taraf kepercayan 5 dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Hasil penelitian: (1) kepemimpinan, motivasi kerja, dan komunikasi internal terbukti berpengaruh terhadap etos kerja Guru Sekolah dasar di Unit Pelaksana Teknis Daerah Dikspora Kecamatan Jebres yang dibuktikan dengan besarnya nilai F hitung sebesar 43,750 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05. (2) Kepemimpinan terbukti berpengaruh terhadap etos kerja Guru Sekolah Dasar di Unit Pelaksana Teknis Daerah Dikspora Kecamatan Jebres Surakarta yang dibuktikan dengan besarnya koefisien beta variabel kepemimpinan sebesar 0,433 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 dan sumbangan efektif sebesar 22,25%.. (3) motivasi kerja terbukti berpengaruh terhadap etos kerja Guru Sekolah Dasar di Unit Pelaksana Teknis Daerah Dikspora Kecamatan Jebres Surakarta yang dibuktikan dengan besarnya koefisien beta variabel motivasi kerja sebesar 0,258 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 dan sumbangan efektif sebesar 11,56%. (4) Komunikasi Internal terbukti berpengaruh terhadap etos kerja Guru Sekolah Dasar di Unit Pelaksana Teknis Daerah Dikspora Kecamatan Jebres Surakarta Besarnya koefisien beta variabel komunikasi internal sebesar 0,177 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 dan sumbangan efektif sebesar 6,09%. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi internal terhadap etos kerja guru Sekolah Dasar di Unit Pelaksana Teknis Daerah Dikspora Kecamatan Jebres Kota Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, motivasi, komunikasi internal, etos kerja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Oct 2011 06:23
Last Modified: 15 Oct 2011 06:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15117

Actions (login required)

View Item View Item