Sulistyarini,, Eny (2011) PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 3 DEMAK KABUPATEN DEMAK. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Cover_tesis.pdf Download (182kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
Abstract
Peran serta masyarakat merupakan amanat UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang diwujudkan dalam wadah Komite Sekolah. Agar peran serta masyarakat dapat mendukung upaya pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan, maka komite sekolah perlu diberdayakan untuk melaksanakan peran dan fungsinya secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang peran komite sekolah sebagai (a) badan pertimbangan; (b) badan pendukung; (c) badan pengontrol dan; (d) badan penghubung dalam pengelolaan mutu pendidikan di SMP Negeri 3 Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan latar alami (natural setting) yang dilakukan di SMP Negeri 3 Demak. Sumber informasi sesuai dengan fokus penelitian ini terdiri dari, kepala sekolah,komite sekolah, guru, siswa, orang tua siswa dan tokoh masyarakat. Dasar filosofis penelitian ini adalah fenomenologis karena tugas peneliti adalah memaknai atau memberikan interpretasi terhadap gejala/fenomena yang memancar dari obyek. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengikuti keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi yaitu membandingkan dan mengecek derajad kepercayaan suatu informasi yang diperoleh dalam waktu dan alat yang berbeda. Analisis data dilakukan dengan memproses data dari reduksi data, penyajian data, sampai pada pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran komite sekolah dalam pengelolaan mutu pembelajaran di SMP Negeri 3 Demak sebagai (a) sebagai badan pendukung telah berjalan dengan baik yaitu berperan dalam perencaanaan keuangan sekolah, pengesahan RKAS, serta pertimbangan sarana prasarana dan tenaga pendidikan yang diperbantukan di sekolah (b) sebagai badan pendukung telah berperan dalam mengkoordinasikan dan memobilisasi bantuan dana dari masyarakat, c) sebagai badan pengontrol berperan dalam memantau penjadwalan, pelaksanaan program di sekolah serta memantau hasil ujian siswa, dan (d) sebagai badan penghubung menjadi mediator antara masyarakat dengan sekolah dan sebaliknya serta sekolah dengan Dewan Pendidikan. Secara umum peran komite sekolah telah berjalan dengan baik sehingga mampu mendukung pengelolaan mutu pendidikan di SMP Negeri 3 Demak, salah satunya adalah menghantarkanSMP Negeri 3 Demak menjadi sekolah inklusi di Kabupaten Demak.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komite sekolah, pengelolaan, mutu, pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Oct 2011 09:28 |
Last Modified: | 12 Oct 2011 09:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15076 |
Actions (login required)
View Item |