PUTRO, HASANUDIN DWI SABDO (2011) PEMBELAJARAN INDUSTRI BERBASIS ISO 9001 : 2008 DI SMK MUHAMMADIYAH 2 ANDONG BOYOLALI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (93kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah mengetahui karakter pembelajaran industry ISO 9001 2008 di SMK Muhammadiyah 2 Andong Boyolali, yang dijabarkan pada tujuan khusus yaitu : 1. Mengkaji karakteristik komponen pembelajaran industry berbasis ISO 9001:2008 di SMK Muhammadiyah 2 Andong Boyolali. 2. Mengkaji karakteristik kendala-kendala pembelajaran industry berbasis ISO 9001:2008 di SMK Muhammadiyah 2 Andong Boyolali. 3. Mengkaji dampak dari pembelajaran industry berbasis ISO 9001:2008 di SMK Muhammadiyah 2 Andong Boyolali. Sejalan dengan tujuannya, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan rancangan etnografi. Data dikumpulkan dari instrumen dan nara sumber melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan analisis model spradley, meliputi metode analisis domain, taksonomi, komponensial dan tema budaya. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa tinjauan pelaksanaan pembelajaran industry berbasis ISO 9001 : 2008 di SMK Muhammadiyah 2 Andong Boyolali ada kesesuaian dengan contextual teaching and learning yang terdiri dari tujuh prinsip meliputi Konstruktivisme (Constructivism), bertanya (Questioning), menemukan (Inquiry), masyarakat belajar (Lerning Community), pemodelan (Modeling), refleksi (Reflection), dan penilaian sebenarnya (authentic Assesment). Kendala- kendala pembelajaran industry berbasis ISO 9001:2008 di SMK Muhammadiyah 2 Andong Boyolali yaitu karakter, dengan masih rendahnya selfinitiative, sense of quality dan sense of responsibilty. Disamping itu adanya kendala finansial yang berhubungan masalah dana oprasional sekolah. Dari pelakasanaan pembelajaran industri berbasis ISO 9001:2001 di SMK Muhammadiyah 2 Andong Boyolali memiliki dampak positif meningkatkan kompetensi dan kepercayaan siswa dalam menempuh uji praktek kejuruan dan mengikuti seleksi bekerja di industri/ dunia usaha, sehingga keterserapan lulusan meningkat dengan masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan lebih singkat. Dampak negatif dimana adanya gejala yang kurang baik dari perubahan tingkah laku, etika bicara dan sikap.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ISO 9001: 2008; Pembelajaran Industri, Pembelajaran kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Oct 2011 04:49 |
Last Modified: | 12 Oct 2011 04:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15069 |
Actions (login required)
View Item |