KAJIAN KETEPATAN PENGGUNAAN OBAT DAN INTERAKSI OBAT PADA PASIEN SKIZOFRENIA DEWASA DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA TAHUN 2010

PEBRIYANI, PEBRIYANI (2011) KAJIAN KETEPATAN PENGGUNAAN OBAT DAN INTERAKSI OBAT PADA PASIEN SKIZOFRENIA DEWASA DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (367kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (238kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)

Abstract

Skizofrenia merupakan suatu bentuk psikosa yang sering dijumpai sejak dahulu. Skizofrenia merupakan penyakit yang membutuhkan penanganan yang tepat dengan obat karena gangguan psikotik bertahan lama. Pasien tidak memperoleh hasil yang memuaskan hanya dengan antipsikotik sehingga perlu dikombinasikan dengan obat lain. Pada pemberian obat secara bersamaan ada kemungkinan terjadinya interaksi obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan obat dan interaksi yang terjadi pada pasien skizofrenia. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian observasional dengan rancangan analisis deskriptif dan pengambilan data secara retrospektif. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 20. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta. Data dianalisis ketepatan penggunaan obat, dosis dan frekuensi, serta interaksi obat yang terjadi. Diketahui bahwa obat Skizofrenia yang paling banyak digunakan adalah klorpromazin sebanyak 95%, sebanyak 20% pasien tepat obat, 95% tepat dosis dan 40% tepat frekuensi, sedangkan 85% pasien mengalami potensial interaksi obat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK K100/2011-040
Uncontrolled Keywords: Skizofrenia, ketepatan obat, interaksi obat
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Sep 2011 05:35
Last Modified: 10 Nov 2011 08:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14847

Actions (login required)

View Item View Item