PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 2 NGAWI TAHUN AJARAN 2009 / 2010

HARIYADI, SUGENG (2011) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 2 NGAWI TAHUN AJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (180kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)

Abstract

Agama Islam adalah agama yang sempurna, mengatur segala sendi kehidupan manusia. Maka ketika sesorang mau perpegang teguh kepada ajaran Islam tidak diragukan lagi dia akan menjadi manusia yang paling berbahagia di dunia dan akheratnya. Dan Islam bukan hanya sekedar pengakuan atau pelangkap identitas di KTP saja tapi Islam dalah suatu tatanan dan aturan yang harus dilaksanakan dan dipatuhi. Mempelajari ilmu agama Islam merupakan kewajiban bagi setiap muslim pada segala jenjang usianya baik di ruhah, disekolah maupun dimasyarakat. Dan di dalam pembelajarannya tentu akan didapati berbagai macam problematika yang menjadi kendala dalam upaya mencapai tujuan pembelajarannya, maka sangat perlu untuk dicarikan solusinya. Skripsi ini berjudul problematika pembelajaran bidang studi pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 2 Ngawi tahun ajaran 2009-2010 yang bertujuan untuk mengetahui problematika yang timbul dalam proses pembelajaran bidang studi pendidikan agama Islam dan bagaimana langkah-langkah pemecahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang prosedurnya menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pentahapan secara berurutan dan interaksionis, terdiri dari tiga alur kegiatan bersamaan yaitu: Pengumpulan data sekaligus reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Prinsip-prinsip dalam mengajarkan pendidikan agama Islam yaitu prinsip prioritas, prinsip korektisitas dan prinsip berjenjang. Belajar pendidikan agama Islam tidak lepas dari problem-prpblem, adapun problem pembelajaran pendidikan agama Isam timbul dari faktor-faktor yaitu faktor siswa, faktor guru, faktor tujuan, faktor metode, faktor lingkungan serta faktor media. Dalam pendekatan pembelajaran pendidikan agama Islam dilakukan dengan dua teori yaitu teori kesatuan dan teori cabang-cabang, adapun metode-metode dalam pembelajaran pendidikan agama Islam antara lain metode ceramah, diskusi dan lain sebagainya yang sesuai dengan materi, waktu dan keadaan siswa. Hasil penelitian tentang problematika pembelajaran pendidikan agama Islam dan pemecahannya pada siswa yaitu: Siswa belum bisa baca tulisan Arab, pemecahannya dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Quran. Siswa yang intelegensinya rendah, pemecahannya dengan memotivasi siswa agar giat belajar. Belum adanya fasilitas masjid pemecahannya dengan penggunaan gedung laboraturium sebagai fasilitas ganda. Lingkungan yang kurang mendukung pembelajaran pemecahannya dengan memberi pengarahan kepada siswa dan orang tua tenatang pentingnya pendidiakn agama Islam. Waktu pembelajaran yang sangat sedikit pemecahannya dengan menambah jam pelajaran PAI dan mengoptimalkan waktu pelajaran. Materi pelajaran yang sangat berbeda dengan kemampuan dasar keislaman siswa pemecahannya dengan pengembangan kurikulum PAI. Adapun saran-saran untuk sekolah adalah peningkatan hubungan harmonis antar guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, penyusunan dan perencanaan materi yang baik dan bagi siswa untuk lebih mencintai dan giat mempelajari agama Islam.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 28 Sep 2011 02:42
Last Modified: 28 Sep 2011 02:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14745

Actions (login required)

View Item View Item