NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL HAFALAN SHALAT DELISA KARYA TERE-LIYE

Ulfa, Ummu Mumfaridoh (2010) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL HAFALAN SHALAT DELISA KARYA TERE-LIYE. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (271kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)

Abstract

Pada dasarnya pendidikan merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dan harus dipenuhi sepanjang hayat, karena pendidikan merupakan kebutuhan hidup manusia. Seperti halnya akhlak yang menempati posisi sangat penting dalam Islam, karena kesempurnaan Islam seseorang tergantung kepada kebaikan dan kemuliaan akhlaknya. Akhlak yang baik tidak akan terwujud pada seseorang tanpa adanya pembinaan yang dilakukan. Dalam konsep pendidikan akhlak segala sesuatu itu dinilai baik dan buruk, terpuji dan tercela, karena pendidikan akhlak itu bersumber pada Al-Qur’an dan Al- Hadits. Ada banyak cara dalam menyampaikan pendidikan akhlak, salah satunya adalah yang digunakan Tere Liye. Ia menyampaikan pendidikan akhlak melalui karya sastranya. Dengan melihat latar belakang di atas maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan akhlak apa saja yang dapat dipetik dalam novel hafalan shalat Delisa, bagaimana karakteristik tokoh yang ditampilkan dalam novel Hafalan shalat Delisa karya Tere Liye.Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan akhlak, dan mendeskripsikan karakteristik tokoh yang ditampilkan dalam novel hafalan shalat Delisa. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode dokumenter (bibliographis), analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel hafalan shalat Delisa di antaranya: nilai pendidikan akhlak terhadap Allah (Shalat, Dzikir, dan berdo’a, kepada Allah, ikhlas menerima takdir Allah, takut akan siksaan Allah, dan takut akan kehilangan rahmat Allah), nilai pendidikan akhlak terhadap keluarga (saling menghormati, dan berbakti kepada kedua orang tua, menyayangi dan mencintai keluarganya) nilai pendidikan akhlak kepada diri sendiri Akhlak mahmudah yaitu: (Sabar, Ikhlas, Syukur, Optimis, tolong menolong, kerja keras, dan disiplin) dan akhlak madzmumah ( jahil, bandel, berdusta, dan pencemburu). (2) karakteristik tokoh yang ada dalam novel Hafalan Shalat Delisa diantaranya adalah: karakter tokoh Delisa berumur enam tahun yang bandel dia juga memiliki sifat yang berbeda dengan anak seumurannya dan rasa keingin tahuannya sangat besar, Karakter Tokoh Salamah yakni tokoh Ummi merupakan tokoh istri sekaligus seorang Ummi yang shalihah dan memiliki sifat disiplin tinggi dalam mendidik anak- anaknya, karakter tokoh Aisyah seorang kakak yang memiliki sifat jahil dan pencemburu dia juga merupakan kakak yang baik dan suka membantu adiknya dalam menghafal bacaan shalat yakni membuatkan tekhnik cepat menghafal bacaan shalat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Akhlak, Novel
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 22 Sep 2011 10:57
Last Modified: 22 Sep 2011 11:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14640

Actions (login required)

View Item View Item