HOTEL RESORT DI PANTAI PENYU PALOH KALIMANTAN BARAT (Penekanan pada Arsitektur Melayu Kalimantan Barat)

PRAYITNO, WIDO (2011) HOTEL RESORT DI PANTAI PENYU PALOH KALIMANTAN BARAT (Penekanan pada Arsitektur Melayu Kalimantan Barat). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (24MB)

Abstract

Hotel Resort Suatu wadah akomodasi pariwisata yang merupakan tempat tinggal sementara dengan segala fasilitasnya bagi wisatawan mancanegara maupun domestik dengan tujuan untuk mencari ketenangan beristirahat menikmati kekayaan alam (flora dan fauna) Perencanaan dan perancangan sebuah Hotel Resort sebaiknya sesuai dengan iklim dan lokasi dari pembangunannya. Di Indonesia khususnya di kawasan yang berhawa sejuk dan jauh dari polusi udara serta suara mempunyai iklim tropis, sehingga Arsitektur Tropis sangat cocok untuk perencanaan dan perancangan Hotel Resort, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk membuat perencanaan dan perancangan Hotel Resort dengan ciri arsitektur lainnya. Keberadaan sebuah Hotel Resort diharapkan menjadi salah satu solusi bagi masyarakat kota yang menginginkan kesegaran jiwa dan raga serta kenyamanan yang sulit didapatkan di tengah kota. Tujuan Menyusun konsep perencanaan dan perancangan Hotel Resort di Kawasan Pantai Penyu Paloh kalimantan Barat dengan berciri khas kan arsitektur Melayu Kalimantan Barat serta menerapkan konsep-konsep arsitektur tropis, bertujuan sebagai upaya dalam menjaga potensi wisata alam yaitu dengan mengembangkan sebuah wadah yang dapat dikelola, baik melalui pemerintah daerah dengan adanya peraturan-peraturan daerah setempat,atau berkerja sama dengan pihak swasta dalam hal pengembangan dan pengenalan serta penjagaan potensi wisata yang dikelola secara komersial sebagai upaya dalam menjaga potensi wisata yang berkelanjutan. Pada penekanan Arsitektur melayu kalimantan Barat, penulis mengupasnya dari sudut pandang yang mengacu kepada susunan bentuk ruang dan tampak, yang mengidentifikasikan dalam beberapa hal berikut : 1. Pola perkampungan dan gubahan massa 2. Orientasi,Orientasi dan Entrance Sumbu Simetri Hirarkhi dan Perulangan Sumbu Sumbu 3. Proporsi dan SkalaSistem StrukturKonstruksi Bangunan, Bentuk AtapOrganisasi Ruang 4. Sistem Penghawaan Udara 5. Fasad Bangunan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hotel Resort Di Pantai Penyu Paloh Kalimantan Barat (penekanan Pada Arsitektur Melayu Kalimantan Barat )
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Sep 2011 09:07
Last Modified: 19 Sep 2011 09:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14464

Actions (login required)

View Item View Item