PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII A MTs AL-WAHHAB KRADENAN TAHUN AJARAN 2010/2011

SULISTYO, ARIS JOKO (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII A MTs AL-WAHHAB KRADENAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran kelas VIIA MTs Al-Wahhab Kradenan yang terdapat kelemahan, antara lain: kurangnya keaktifan siswa, pemahaman, motivasi, dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar biologi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas VIIA MT Al-Wahhab Kradenan tahun ajaran 2010/2011 dengan penerapan strategi pembelajaran Questions Students Have. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Sumber data diperoleh dari hasil belajar aspek kognitif mata pelajaran biologi, pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran (aspek afektif) dan keterampilan siswa dalam menggambar, membaca gambar, dan menjelaskan gambar (aspek psikomotorik). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar di setiap siklus. Rerata kelas hasil belajar aspek kognitif siklus I sebesar 71,30, siklus II sebesar 80,92, mencapai target 92,58%. Rerata kelas hasil belajar aspek afektif siklus I dengan skor nilai 3,25 kriteria cukup baik, siklus II dengan skor nilai 3,65 kriteria baik mencapai target 98,50%. Rerata kelas hasil belajar aspek psikomotorik siklus I dengan skor nilai 2,63 kriteria cukup baik, siklus II dengan nilai 3,59 kriteria baik mencapai target 96%. Peningkatan hasil belajar aspek kogntif siklus II sebesar 33,33% dari siklus I. Peningkatan hasil belajar aspek afektif siklus II sebesar 20,37% dari siklus I. Peningkatan hasil belajar aspek psikomotorik siklus II sebesar 32,40% dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Questions Students Have dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pokok bahasan ekosistem (biologi) siswa kelas VIIA MTs Al-Wahhab Kradenan tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik, Questions Students Have, ekosistem.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Sep 2011 05:25
Last Modified: 15 Sep 2011 05:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14417

Actions (login required)

View Item View Item