KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM KEPINGGAN KASET CD, DISKET KELAS V SD NEGERI 3 KEBONAAGUNG, TAHUN AJARAN 20009/2010

TYAS, IKA CAHYA WAHANANING (2011) KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM KEPINGGAN KASET CD, DISKET KELAS V SD NEGERI 3 KEBONAAGUNG, TAHUN AJARAN 20009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (112kB)
[img]
Preview
PDF
03_BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF
08_Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa kelas V SD Negeri 3 Kebonagung tahun ajaran 2009/2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri 3 Kebonagung melalui media gambar yang ada pada kaset CD. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kebonagung 3. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mac Taggrat yang meliputi (1) perencanaan, (2) perlakuan dan pengamatan, (3) refleksi. Setiap tindakan dalam satu siklus akan diadakan revisi sebagai pertimbangan dalam pelaksanaan pembelajaran. Data diperoleh dari (1) tes, (2) observasi, (3) wawancara. Kriteria keberhasilan tindakan dalam penelitian ini adalah siswa dapat menulis narasi dengan memahami aspek-aspek yang meliputi isi, organisasi, kosa kata, bahasa, dan penulisan sebagai dasar penilaian agar dapt tercapai nilai yang minimal rata-rata 67. Kesimpulan penelitian tindakan kelas ini adalah penggunaan media visualisasi rekaman gambar pada kaset cd, untuk mengetahui kemampuan siswa kelas V SD Negeri 3 Kebonagung. Hal tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata sekitar 58,5. Adapun saran yang perlu disampaikan melalui penelitian ini adalah bahwa sebagai guru kelas V supaya menggunakan dan mengembangkan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa V SD/MI. Dan diharapkan pihak sekolah dapat memenuhi fasilitas yang diperlukan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media gambar dan menulis narasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 23 Aug 2011 07:46
Last Modified: 23 Aug 2011 07:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14248

Actions (login required)

View Item View Item