PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM LAWEYAN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

HARINI, DEWI (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM LAWEYAN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
COVER-INTISARI.pdf

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_1.pdf

Download (21kB)
[img] PDF
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan rumusan masalah apakah strategi pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VA SD Muhammadiyah 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar PKn pada materi kebebasan berorganisasi melalui strategi pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan keaktifan siswa baik individu maupun kelompok, lembar kemandirian belajar siswa dan soal valuasi. Teknike analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini adalah 1) Keaktifan belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 67,64% menjadi 77,14%; 2) Nilai hasil belajar PKn dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 17,65% menjadi 22,86% sehingga terdapat kenaikan 5,21%; 3) Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 6,76% (21 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 34 siswa), pada siklus II sebesar 85,71% (30 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 35 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa melalui strategi pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar PKn pada siswa kelas VA semester II SD Muhammadiyah 16 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, keaktifan, hasil belajar, Creative Problem Solving
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 22 Aug 2011 05:01
Last Modified: 22 Aug 2011 05:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14209

Actions (login required)

View Item View Item