UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP MELALUI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGITIGA (PTK Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 4 Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011)

Hidayah, Yudia Esthi (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP MELALUI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGITIGA (PTK Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 4 Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (251kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pengajaran matematika guna meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan 2) mengkaji kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode kontekstual. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 4 Wonogiri yang berjumlah 24 siswa, sedangkan obyek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika yang dapat dilihat dari indikator kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika: (1) menyelesaikan soal dengan lancar dan tepat sebelum tindakan 20,83 % dan setelah tindakan menjadi 70,83 %, (2) mengungkapkan ide/ pendapat tentang materi 16,67 % dan setelah tindakan 75%, (3). Aktif memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan dari 37,5 % dan setelah tindakan 83,33 %, (4) bertanya kepada guru jika mengalami kesulitan tentang materi sebelum tindakan 12,5 % dan setelah tindakan 79,16 %, (5) tanggapan/ respon siswa yang diterima sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 87,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah Metode pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, berpikir kreatif, pembelajaran, kontekstual.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Aug 2011 03:54
Last Modified: 18 Aug 2011 03:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14145

Actions (login required)

View Item View Item