UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI BERMAIN BALOK DI TK NEGERI PEMBINA SRAGEN PADA KELOMPOK B TAHUN PELAJARANAN 2010/2011

Gunatun, Sri (2011) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI BERMAIN BALOK DI TK NEGERI PEMBINA SRAGEN PADA KELOMPOK B TAHUN PELAJARANAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak TK Negeri Pembina Sragen, tahun pelajaran 2010/2011. Kreativitas anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menyenangkan dan menarik. Salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas anak adalah melalui bermain balok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Negeri Pembina Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas kelompok B dan Kepala Sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, test dan dokumentasi, keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskripstif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kreativitas anak melalui bermain balok yakni sebelum tindakan 45%, siklus I mencapai 65%, siklus II mencapai 85%. Pembelajaran kreativitas juga didukung oleh metode lain yakni Tanya jawab, pemberian tugas, juga mempunyai peranan penting dalam peningkatan kreativitas anak, dengan penyampaian yang menarik dan bervariasi. Metode tersebut juga dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Kesimpulan dari peneliti ini adalah bermain balok yang sesuai dengan prosedur permainan dapat meningkatkan kreativitas anak TK Negeri Pembina Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, bermain balok.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Aug 2011 07:11
Last Modified: 16 Aug 2011 07:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14133

Actions (login required)

View Item View Item