PENGGUNAAN ALAT PERAGA PUZZLE HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK 03 WUKIRSAWIT KECAMATAN JATIYOSO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SUPADMI, SUPADMI (2011) PENGGUNAAN ALAT PERAGA PUZZLE HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK 03 WUKIRSAWIT KECAMATAN JATIYOSO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Halaman_Depan.pdf

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak kelompok B TK 03 Wukirsawit Kecamatan Jatiyoso Karanganyar. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah anak TK 03 Wukirsawit sebanyak 20 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data dengan tes dan nontes. Teknik analisis data bersifat deskriptif analitis dan dan analitis kritis komparatif. Hasil penelitiannya yaitu : 1) Proses pembelajaran menggunakan puzzle huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak 03 Wukirsawit Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2011 dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, tindakan, pemantauan dan refleksi. Tindakan setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan, dan setiap pertemuan terdiri atas apersepsi, kegiatan inti dan penutup. Semua kegiatan dituangkan dalam satuan bidang pengembangan menggunakan puzzle huruf. 2) Kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK 03 Wukirsawit tahun pelajaran 2010/2011 mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga puzzle huruf ternyata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Hasil kemampuan anak pada setiap aspek mengalami peningkatan pada siklus I : menyebut huruf atau kata yang terdapat pada kepingan puzzle yang ditunjukkan guru adalah 33,3%. Aspek menunjukkan huruf atau kata pada puzzle sesuai dengan huruf atau kata yang dilafalkan guru mengalami peningkatan sebanyak 35%. Melafalkan kembali huruf atau kata pada puzzle yang diberikan oleh guru adalah 88,3%. Hasil yang dicapai pada siklus II mengalami peningkatan pada setiap indikator yaitu : Aspek menyebut huruf atau kata yang terdapat pada kepingan puzzle yang ditunjukkan guru sebanyak 70%. Aspek menunjukkan huruf atau kata pada puzzle sesuai dengan huruf atau kata yang dilafalkan guru sebanyak 70%. Melafalkan kembali huruf atau kata pada puzzle yang diberikan oleh guru adalah 100%. Setiap siklus selalu membawa dampak yang positif kearah peningkatan kemampuan membaca pemulaan maupun sikap dan perilaku anak dalam pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: alat peraga puzzle, kemampuan membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Aug 2011 04:44
Last Modified: 16 Aug 2011 04:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14117

Actions (login required)

View Item View Item