RUKIYANA, WAHYU IWAN (2011) EFEKTIVITAS STRATEGI CARD SORT DENGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP AL-ISLAM KARTASURA SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (209kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf Download (115kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV_baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Biologi dengan menggunakan strategi card sort dengan strategi index card match. Serta untuk mengetahui lebih efektif mana antara strategi card sorti dengan strategi index card match. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Al-Islam Kartasura, Sukoharjo. Bentuk penelitian adalah Eksperimen Pendidikan. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Al-Islam Kartasura, Sukoharjo yang terdiri dari tiga kelas dan sampel kelas sebanyak tiga yaitu kelas VIIA dan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 27 orang, sedangkan kelas VIIC sebagai kelas control dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan sampel dengan non random sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, post tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis, tetapi sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan signifikansi 5%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) ada pengaruh penggunaan strategi card sort dengan strategi index card match terhadap hasil belajar Biologi, (2) ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dimana hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan hasil belajar kelas kontrol, (3) strategi pembelajaran index card match lebih efektif dibandingkan strategi pembelajaran card sort ditinjau dari hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi index card match, Strategi card sort, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 16 Aug 2011 03:50 |
Last Modified: | 16 Aug 2011 03:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14111 |
Actions (login required)
View Item |