FATIMAH, DEWI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (128kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_TOTAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi siswa pada pokok bahasan ekosistem dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIIE SMP Negeri 3 Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data statistic sederhana dan deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif) mata pelajaran Biologi, pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran Biologi berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dengan kolaborator dan (aspek psikomotorik) merupakan penilaian keterampilan motorik. Penelitian ini diawali dengan menyampaikan materi pada pokok bahasan ekosistem yang dilanjutkan dengan diskusi dan diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada setiap siklusnya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa. Dari hasil pembahasan dapat dinyatakan bahwa prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II lebih tinggi dari pada siklus I, baik dilihat dari segi aspek kognitif (94,74 > 55,26), aspek afektif (93,42 > 63,16), dan aspek psikomotorik (90,13 > 61,84). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas VIIE SMP Negeri 3 Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar, Ekosistem |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 16 Aug 2011 03:04 |
Last Modified: | 16 Aug 2011 03:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14108 |
Actions (login required)
View Item |