PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WEDI KLATEN TAHUN AJARAN 2010/2011

Hariyati, Nur (2011) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WEDI KLATEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X; 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X; 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh kebiasaan belajar dan keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X pada SMA Negeri 1 Wedi Klaten. Sampel diambil sebanyak adalah 50 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 0,196 + 0,509X1 + 0,549X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa koefisien regresi dari masing-masing variabel independen bernilai positif, artinya variabel Kebiasaan Belajar dan Keharmonisan Keluarga secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan oleh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,101 > 2,012 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,041 dengan sumbangan relatif sebesar 46,14% dan sumbangan efektif 11.21%; 2) Ada pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan oleh keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,331 > 2,012 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,024 dengan sumbangan relatif sebesar 53,86% dan sumbangan efektif 13.09%; 3) Ada pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan secara bersama-sama dari kebiasaan belajar dan keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 7,552 > 3,195 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,243 menunjukkan bahwa pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel Kebiasaan Belajar dan Keharmonisan Keluarga terhadap Prestasi Belajar siswa adalah sebesar 24,3% sedangkan 75,7% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A210/2011-23
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Keharmonisan Keluarga dan Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Aug 2011 09:06
Last Modified: 25 Oct 2011 08:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14092

Actions (login required)

View Item View Item