MAJAS SARKASME DALAM PENULISAN KOMENTAR PADA GRUP FACEBOOK “1.000.000 FACEBOOKER MENUNTUT NURDIN HALID MUNDUR SEBAGAI KETUA UMUM PSSI”

KURNIAWAN, DWI RAMLAN (2011) MAJAS SARKASME DALAM PENULISAN KOMENTAR PADA GRUP FACEBOOK “1.000.000 FACEBOOKER MENUNTUT NURDIN HALID MUNDUR SEBAGAI KETUA UMUM PSSI”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
02._Halaman_Depan.pdf

Download (201kB)
[img]
Preview
PDF
03._BAB_I.pdf

Download (152kB)
[img] PDF
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (151kB)
[img] PDF
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan bentuk pemakaian majas sarkasme dalam penulisan komentar pada grup facebook 1.000.000 facebooker menuntut Nurdin Halid Mundur sebagai ketua Umum PSSI, 2) Mendeskripsikan maksud majas sarkasme yang terdapat dalam penulisan komentar pada grup facebook 1.000.000 facebooker menuntut Nurdin Halid Mundur sebagai ketua Umum PSSI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah bahasa dalam komentar grup facebook 1.000.000 facebooker menuntut Nurdin Halid Mundur sebagai ketua Umum PSSI. Komentar yang dianalisis adalah komentar dari anggota grup facebook 1.000.000 facebooker menuntut Nurdin Halid Mundur sebagai ketua Umum PSSI. Penyajian hasil analisis dalam penelitian ini menggunakan metode penyajian informal. Metode informal adalah perumusan dengan kata – kata biasa.Pembahasan terhadap majas sarkasme dalam penulisan komentar pada grup facebook 1.000.000 facebooker menuntut Nurdin Halid Mundur sebagai ketua Umum PSSI, menurut bentuknya terdiri dari ragam bahasa jawa dan ragam bahasa campuran. Ragam bahasa campuran dibedakan atas bentuk campuran bahasa Indonesia dengan bahasa jawa, bahasa Indonesia dengan bahasa gaul, bahasa Indonesia dengan bahasa sunda, bahasa Indonesia bahasa Inggris. Dilihat dari maksudnya dibedakan atas maksud pemberitahuan atau informasi , maksud ajakan, dan maksud umpatan. Hasil dari penelitian ini ditemukan 50 majas sarkasme pada grup facebook 1.000.000 facebooker menuntut Nurdin Halid Mundur sebagai ketua Umum PSSI, majas sarkasme yang termasuk dalam ragam bahasa Indonesia terdapat 31 majas sarkasme, ragam bahasa jawa terdapat 1 majas sarkame, ragam bahasa campuran, campuran antara bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris terdapat 2 majas sarkasme, campuran antara bahasa Indonesia dengan bahasa sunda 1 majas sarkasme, campuran bahasa Indonesia dengan bahasa jawa terdapat 4 majas sarkasme, Ragam campuran bahasa Indonesia dengan bahasa gaul terdapat 7 majas sarkasme. Majas sarkasme yang menyatakan maksud pemberitahuan atau informasi terdapat 14 majas, maksud ajakan atau permintaan terdapat 9 majas, dan maksud umpatan terdapat 21 majas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sarkasme, facebook, Nurdin Halid
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 11 Aug 2011 10:16
Last Modified: 11 Aug 2011 10:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14024

Actions (login required)

View Item View Item