Aji, Tri Bekti Susilo Wisnu (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS WACANA EKSPOSISI DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG MELALUI PENERAPAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS X-2 SMA NEGERI 2 REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (78kB) |
|
|
PDF
03_BAB_I.pdf Download (50kB) |
|
PDF
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
PDF
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
||
PDF
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengevaluasi peningkatan keterampilan menulis wacana eksposisi dengan menggunakan teknik objek langsung melalui penerapan metode Field Trip pada siswa kelas X-2 SMA Negeri 2 Rembang Tahun Ajaran 2010/2011, dan (2) Mendeskripsikan perubahan sikap dan tingkah laku setelah mendapatkan pembelajaran menulis wacana eksposisi dengan menggunakan teknik objek langsung melalui penerapan metode Field Trip pada siswa kelas X-2 SMA Negeri 2 Rembang Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 2 Rembang. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X-2 SMA Negeri 2 Rembang dan objeknya adalah proses belajar mengajar, khususnya pembelajaran menulis eksposisi yang terjadi di kelas X-2.Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan angket. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja siswa dan guru dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) penerapan metode field trip dapat meningkatkan pembelajaran menulis. Hal ini ditandai dengan persentase keaktifan, perhatian, konsentrasi, minat, dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis eksposisi yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif sebesar 37,50% sedangkan pada siklus II siswa yang aktif meningkat menjadi 87,50%. (2) penerapan metode field trip dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis eksposisi. Hal ini ditandai dengan nilai hasil tulisan siswa yang mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai terendah siswa 58 dan nilai tertinggi siswa adalah 85 sedangkan pada siklus II nilai terendah siswa 70 dan nilai tertinggi siswa adalah 94, (3) ketuntasan hasil belajar siswa meningkat. Dalam pretes hanya 17 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar (memperoleh nilai 65 ke atas). Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 65,00% atau 26 siswa dan pada siklus II menjadi 100% atau 40 siswa
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis eksposisi, field trip, penelitian tindakan kelas (PTK) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ken Retno Yuniwati |
Date Deposited: | 11 Aug 2011 10:09 |
Last Modified: | 25 Nov 2019 04:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14023 |
Actions (login required)
View Item |