PENINGKATAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011

UTAMI, ROCHMAH BAKTI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
b)_Halaman_Depan.pdf

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF
c)_BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF
d)_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF
e)_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF
f)_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF
g)_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF
h)_Daftar_Pustaka.pdf

Download (47kB)
[img] PDF
i)_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berargumentasi dalam pembelajaran berbicara dengan menggunakan model NHT (Numbered Heads Together) objek penelitian ini adalah guru, siswa, dan aktivitas belajar mengajar yang terjadi di kelas VIII H SMP Negeri 4 Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif kualitatif dengan pendekatan PTK. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik observasi dilakukan dua kali yaitu pada siklus I untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan berargumentasi dalam pembelajaran dengan menggunakan model NHT yang diperoleh siswa antara sebelum dilakukan tindakan (pra siklus) dengan setelah dilakukan tindakan (siklus I) dan siklus II untuk mengetahui hasil akhir yang diperoleh siswa setelah mengetahui masalah dan proses pemecahan setelah siklus I. Observasi langsung dilakukan peneliti pada saat aktivitas kegiatan belajar mengajar di kelas. Wawancara dilakukan oleh peneliti dengan guru bahasa Indonesia untuk merefleksikan hasil pengamatan. Adapun dokumentasi diambil dari proses atau jalannya pembelajaran di kelas dan angket diisi oleh siswa pada saat akhir pembelajaran pada siklus II. Pembelajaran dengan pendekatan kooperatif model NHT mampu menciptakan keaktifan siswa dalam pembelajaran sehingga berdampak adanya peningkatan kemampuan berargumentasi dalam pembelajaran berbicara dengan menggunakan model NHT di kelas VIII H 21,42% pada siklus I meningkat menjadi 92,85% pada siklus II. Pembelajaran NHT juga dapat meningkatkan nilai siswa yang nilai rata-rata pada siklus I 6,67 menjadi 7,37 pada siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan beragumentasi, pembelajaran berbicara, model NHT (Numbered Heads Together)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 11 Aug 2011 09:51
Last Modified: 11 Aug 2011 09:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14021

Actions (login required)

View Item View Item