PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I SDN MENURAN 02 KECAMATAN BAKI KABUPATEN SUKOHARJO

RUSTIANI, ANI (2011) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I SDN MENURAN 02 KECAMATAN BAKI KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF
03_BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] PDF
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia setelah diadakan penelitian menggunakan media gambar pada siswa kelas I SD Negeri Menuran 02 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun pelajaran 2010/2011. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan , dan analisis. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Menuran 02 yang berjumlah 20 terdiri dari 12 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kajian dokumen, observasi, dan tes. Validitas datanya menggunakan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas ini setiap siklus berbeda-beda. Hasil setiap siklusnya mengalami peningkatan secara bertahap. Hasil aktivitas siswa setelah diadakan penelitian pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 23,15 % dan siklus 2 sebesar 37,59 %. Aktivitas guru setiap siklusnya juga mengalami peningkatan. Siklus 1 meningkat sebesar 75,69 % dan siklus 2 meningkat 17,30 %. Sedangkan hasil belajar siswa setiap siklusnya juga mengalami peningkatan. Siklus 1 meningkat 6,11 % dan siklus 2 meningkat 4,76 %. Pemerolehan kosakata siswa dari siklus I ke siklus II juda mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa hanya menuliskan kata dasar dan kata jadian. Sedangkan pada siklus II siswa tidak hanya menuliskan kata dasar dan kata jadian saja melainkan siswa dapat menuliskan kata ulang. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan media gambar, penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Negeri Menuran 02 Tahun Pelajaran 2010/2011 bisa meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kosakata, triangulasi teknik, analisis deskriptif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 11 Aug 2011 09:35
Last Modified: 11 Aug 2011 09:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14019

Actions (login required)

View Item View Item