Andika S, Wahyu (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP SISWA SMP ( PTK di SMP N 2 BANYUDONO, BOYOLALI Tahun Ajaran 2010 / 2011 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (106kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan peningkatan Kreatifitas belajar matematika siswa melalui penerapan pendekatan Creative Problem Solving, 2) Mendeskripsikan peningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan pendekatan Creative Problem Solving. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII E SMPN 2 Banyudono yang berjumlah 36 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreatifitas dan prestasi belajar matematika dalam pembelajaran matematika khususnya pecahan. Hal ini dapat dilihat dari minat siswa dalam: 1) siswa yang antusias dalam mengikuti pembelajaran dari (27,8%) menjadi (55,6%), 2) memberikan tanggapan guru dan siswa lain dari (13,9%) menjadi (41,7%), 3) mengajukan pertanyaan dari (8,33%) menjadi (41,7%), 4) siswa berani memberikan ide atau gagasan dari (5,56%) meningkat menjadi (22,2%), 5) prestasi belajar matematika siswa ditandai dengan nilai siswa � 65 meningkat dari (55,6%) menjadi (88,9%) Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran melalui penerapan pendekatan Creative Problem Solving dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kreatifitas dan prestasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bepikir-kreatif, prestasi-belajar, Creative Problem Solving |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 10:24 |
Last Modified: | 10 Aug 2011 10:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14006 |
Actions (login required)
View Item |