Suwarti, Tri (2011) IMPLEMENTASI WHOLE LANGUAGE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS MENULIS PENGALAMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KINGKANG TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (107kB) |
|
|
PDF (BAB I)
03_BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (BAB II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (BAB III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (BAB IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
||
PDF (BAB V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (29kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (738kB) |
Abstract
Kreativitas perlu dimiliki oleh siswa SD guna menunjang kemampuan siswa dalam membuat karangan atau menulis sehingga siswa dalam mengarang tidak monoton. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa, baik dalam isi karangan yang bersifat monoton ataupun ketidakmampuan dalam memberikan tanda baca pada kalimat merupakan masalah penting yang menunjukkan kreativitas siswa rendah, guna mengatasi kreativitas siswa rendah digunakan pendekatan whole language. Pendekatan whole language dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebagai sebuah keterampilan, antara lain pengintegrasian antara bentuk dan makna, penekanan pada kemampuan berbahasa praktis, dan interaksi yang produktif antara guru dengan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendekatan whole language dalam meningkatkan kreativitas menulis pengalaman pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kingkang Tahun 2010/2011. Tempat penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 2 Kingkang, pada semester genap tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kingkang tahun ajaran 2010/2011. Objek dari penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan whole language. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik induktif. Kesimpulan hasil penelitian yaitu pendekatan whole language dapat meningkatkan kreativitas menulis pengalaman pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kingkang Tahun 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dari hasil pra tindakan yang kreatif hanya satu orang (6,25%) meningkat menjadi 7 orang (43,75%) pada siklus I, dan pada siklus II terjadi peningkatan kreativitas siswa sebanyak 13 orang (81,25%), sehingga hasil peningkatan kreativitas seluruhnya sebanyak 12 orang atau 75%. Peningkatan kreativitas siswa berpengaruh terhadap hasil prestasi siswa dalam menulis pengalaman. Hal ini ditandai dengan nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yaitu nilai rata-rata pra tindakan sebesar 60, pada siklus I nilai rata-rata kelas menjadi 65, dan terjadi peningkatan pada siklus II untuk nilai rata-rata kelas sebesar 72,1. Dari hasil ketuntasan belajar pada pra tindakan hanya 3 siswa, pada siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 5 siswa, dan pada siklus II meningkat menjadi 12 siswa sehingga untuk prestasi belajar ada peningkatan sebesar 75%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Whole Language, Kreativitas Menulis Pengalaman ix |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 06:00 |
Last Modified: | 10 Aug 2011 06:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13980 |
Actions (login required)
View Item |