Wijanarko, Heru (2011) PENGARUH POLA ASUH DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KEDAWUNG 2 TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (131kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (124kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar matematika; 2) Mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika; 3) Mengetahui pengaruh pola asuh dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kedawung 2 sebanyak 26 orang siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi: Y = 10,179 + 1,106X1 + 2,018X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh pola asuh dan tingkat pendidikan orang tua. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,953 > 2,069 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan efektif sebesar 35,63%; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,513 > 2,069 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,019 dengan sumbangan efektif sebesar 15,27%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 11,928 > 3,422 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,509 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pola asuh dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika adalah sebesar 50,9%, sedangkan 49,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh, Tingkat Pendidikan, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 05:39 |
Last Modified: | 10 Aug 2011 05:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13976 |
Actions (login required)
View Item |