WIDAYATI, MURNI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA BAGI SISWA BERKESULITAN BELAJAR DENGAN PENERAPAN REMIDIAL TEACHING DI KELAS IV SD NEGERI 02 JATIKUWUNG KECAMATAN JATIPURO TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (37kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SDN 02 Jatikuwung yang berjumlah 19 siswa. Adapun prosedur penelitian ada dua siklus yang masing-masing siklus ada empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan remedial teaching dapat meningkatkan motivasi belajar IPA bagi siswa yang berkesulitan belajar di kelas IV SDN 02 Jatikuwung kecamatan Jatipuro tahun pelajaran 2010/2011. Adapun hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah untuk mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: melalui penerapan remedial teaching dapat meningkatkan motivasi belajar bagi siswa berkesulitan belajar di kelas IV SD Negeri 02 Jatikuwung kecamatan Jatipuro tahun pelajaran 2010/2011”. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Adanya peningkatan motivasi dapat dilihat dari indikator-indikator yang meliputi: 1) kesunguhan dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 42 % dan diakhir tindakan 92 %, 2) Siswa mau Memperhatikan penjelasan dari guru sebelum tindakan 33 % dan diakhir tindakan 83 %, 3) Siswa berani menanyakan materi yang belum jelas kepada guru ataupun siswa lain sebelum tindakan 17 % dan diakhir tindakan 67, 4) Siswa berani menjawab pertanyaan guru maupun dari siswa lain sebelum tindakan 8 % dan diakhir tindakan 75 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode remedial teaching dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga berdampak pada meningkatnya hasilmbelajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, hasil belajar, remedial teaching. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 05:28 |
Last Modified: | 10 Aug 2011 05:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13972 |
Actions (login required)
View Item |