PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN 02 DOPLANG KECAMATAN KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Ulfah, Ristiani Maria (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN 02 DOPLANG KECAMATAN KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (225kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
3._BAB_1.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (BAB II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (BAB III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (BAB IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (BAB V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model guided discovery learning dalam peningkatan hasil belajar IPA pada materi sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN 02 Doplang Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan tindakan (planning), penerapan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Validitas Data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif analisa Miles & Huberman yang terdiri dari reduksi data, sajian data, dan verifikasi data atau penarikan simpulan. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan terbukti dengan rata-rata hasil belajar IPA yang dicapai siswa pada pra tindakan 67,00 dengan ketuntasan 55,55%, pada siklus I meningkat menjadi 72,88 dengan kentuntasan 72,22 %, dan siklus II terjadi peningkatan secara signifikan yaitu 78,66 dengan kentuntasan 88,88 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model guided discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN 02 Doplang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA, guided discovery learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2011 08:44
Last Modified: 09 Aug 2011 08:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13948

Actions (login required)

View Item View Item