AUTANTIKA, NOVERAWATI (2011) KOMPETENSI DAN PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SD NEGERI PUCANGAN 03 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (77kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (49kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kompetensi yang dimiliki oleh guru BK; 2) Untuk mendeskripsikan peran guru BK; 3) Untuk mandeskripsikan upaya yang digunakan oleh guru BK dalam menanggulangi kesulitan belajar siswa di SD Negeri Pucangan 03 Kartasura. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskritif kualitatif, dan dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam melakukan analisis data, penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif, yaitu data yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan dengan tiga langkah: (a) reduksi data (data reduction), (b) penyajian data (data display), (c) penarikan kesimpulan (verification) yang ketiga langkah tersebut bersifat interaktif. Berdasarkan data yang terkumpul, kemudian dideskipsikan dan dianalisis, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa : Guru bimbingan dan konseling SD Negeri Pucangan 03 Kartasura telah berperan sesuai dengan kompetensinya dalam bimbingan dan konseling. Keberadaan guru bimbingan dan konseling melalui serangkaian kegiatan bimbingan yang diselenggarakan telah berhasil dalam rangka bimbingan dan konseling, adapun kegiatan tersebut yaitu layanan orientasi, layanan bimbingan belajar, layanan informasi, layanan bimbingan dan konseling kelompok, layanan konseling perorangan. Faktor pendukung terselenggaranya semua kegiatan adalah dukungan dan berperannya seluruh elemen sekolah yang mendukung program-program yang dilaksanakan oleh sekolah terutama program bimbingan dan konseling.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A510/2011-20 |
Uncontrolled Keywords: | kompetensi, peran, kesulitan belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Aug 2011 06:25 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 05:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13941 |
Actions (login required)
View Item |