PANDHAN, JOKO (2011) PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN BILANGAN 2 ANGKA PADA SISWA KELAS II SDN 02 HARJOWINANGUN, GODONG, GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1_HALAMAN_DEPAN_.pdf Download (147kB) |
|
PDF (Bab I)
2_BAB_I.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab IV)
5_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab II)
3_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab III)
4_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab V)
6_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
8_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penggunaan Media Sempoa dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika perihal materi perkalian bilangan dua angka pada siswa kelas II SDN 02 Harjowinangun, Godong, Grobogan tahun ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, dan tes. Prosedur dalam Penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua kali siklus yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah penggunaan Media Sempoa dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika perihal materi perkalian bilangan dua angka pada siswa kelas II SDN 02 Harjowinangun, Godong, Grobogan tahun ajaran 2010/2011. Dari siklus yang dilakukan dihasilkan peningkatan hasil belajar siswa yang baik. Hal ini ditunjukkan pada penilaian aspek kognitif yang dapat dilihat dari nilai ulangan siswa disetiap siklus. Dalam pra tindakan mempunyai nilai hasil ulangan 75% dengan 15 siswa yang berhasil dan 5 siswa yang belum berhasil, siklus putaran I 90% dengan 18 anak yang berhasil dan 2 anak yang belum berhasil, sedangkan siklus II adalah 95% dengan 19 anak yang berhasil dan 1 anak yang belum berhasil. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Melalui Alat Sempoa Terhadap Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Perkalian Bilangan Dua Angka Pada Siswa Kelas II SDN 02 Harjowinangun, Godong, Grobogan Tahun Ajaran 2010/2011 Dapat Meningkat”.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, penggunaan media alat sempoa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Aug 2011 05:36 |
Last Modified: | 09 Aug 2011 05:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13937 |
Actions (login required)
View Item |