PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SOSIOKULTURAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SEGIEMPAT DAN SEGITIGA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri VII Purwodadi Tahun Ajaran 2010/2011)

AZIZAH, MUKAFIATU (2011) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SOSIOKULTURAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SEGIEMPAT DAN SEGITIGA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri VII Purwodadi Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mengkaji dan mendeskripsikan (1) peningkatan keaktifan belajar matematika pada segiempat dan segitiga dengan pendekatan pembelajaran Konstruktivisme Sosiokultural, dan (2) peningkatan hasil belajar matematika pada segiempat dan segitiga dengan pendekatan pembelajaran Konstruktivisme Sosiokultural. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri VII Purwodadi yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar meliputi: a) Antusias menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 15 %, putaran I 22,5%, putaran II 50%, dan diakhir tindakan 72,5%b) mengemukakan ide atau mengajukan pertanyaan 7,5%, putaran I 17,5%, putaran II 40% dan di akhir tindakan 62,5%, c) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 10%, putaran I 25%, putaran II 42,5% dan di akhir tindakan 67,5%, dan (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 61 sebelum tindakan 37,5%, putaran I 42,5%, putaran II 62,5%, putaran III 85%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Konstruktivisme Sosiokultural dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, hasil belajar, Konstruktivisme, Sosiokultural.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 08 Aug 2011 09:24
Last Modified: 08 Aug 2011 09:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13912

Actions (login required)

View Item View Item