Asari, Fitri (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEER LESSON DAN PENGGUNAAN STUDENTS WORKSHEET (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 1 Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
02_HAL_DEPAN.pdf Download (151kB) |
|
|
PDF (BAB I)
03_BAB_I.pdf Download (34kB) |
|
PDF (BAB II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
PDF (BAB III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (BAB IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (BAB V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (27kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa melalui pembelajaran Peer Lesson dan penggunaan Students Worksheet. Indikator keaktifan belajar dalam penelitian ini meliputi : aktif menanyakan materi yang belum jelas pada guru, aktif mengemukakan pendapat dan tanggapan, aktif menjawab pertanyaan, dan aktif mengerjakan soal di depan kelas. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIIF SMP N 1 Boyolali, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIF yang berjumlah 24 siswa dan peneliti sebagai observer yang bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara analisis interaktif yang merupakan model dari teknik analisis diskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah keaktifan belajar matematika mengalami peningkatan. Siswa aktif menanyakan materi yang belum jelas pada guru di kelas sebelum tindakan ada 5 siswa (20,83%) menjadi 15 siswa (62,5%) setelah tindakan, aktif mengemukakan pendapat dan tanggapan sebelum tindakan ada 4 siswa (16,66%) menjadi 15 siswa (62,5%) setelah tindakan, aktif menjawab pertanyaan sebelum tindakan ada 6 siswa (25%) menjadi 18 siswa (75%) setelah tindakan dan aktif mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan ada 6 siswa (25%) menjadi 19 siswa (79,16%) setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran Peer Lesson dan penggunaan Students Worksheet dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peer Lesson, Keaktifan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 05 Aug 2011 03:32 |
Last Modified: | 05 Aug 2011 03:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13838 |
Actions (login required)
View Item |