Supriyatun, Nur (2011) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (PTK Kelas VIII SMP Negeri 2 Sidoharjo Tahun Ajaran 2010 / 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (89kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas VIIIG SMP N 2 Sidoharjo pada proses pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Auditory Intellectualy Repetition(AIR) pada bangun ruang sisi datar sub pokok bahasan kubus dan balok. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIG SMP Negeri 2 Sidoharjo, Sragen tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analisis diskriptif kualitatif dilaksanakan dengan melalui tiga alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe AIR dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas . Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang : a) Kemauan siswa untuk bertanya sebelum penelitian 10,5% setelah penelitian menjadi 24,3%. b) Kemauan siswa untuk mengerjakan soal di depan kelas sebelum penelitian 5,3% setelah penelitian menjadi 30,3%. 2) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa sebelum penelitian 15,7% meningkat menjadi 66,6%. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dapat meningkatkan minat siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A410/2011-44 |
Uncontrolled Keywords: | Auditory Intellectualy Repetition(AIR), Minat, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 05 Aug 2011 03:23 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 04:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13835 |
Actions (login required)
View Item |