PUJIASTUTI, NUR SETYA (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENANGGAPI BAHAYA DAN MANFAAT INTERNET DENGAN METODE DEBAT AKTIF ANAK KELAS V SD NEGERI 02 DELINGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (80kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (109MB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (815kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menanggapi bahaya dan manfaat internet dengan metode debat aktif. Jenis Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Delingan yang berjumlah 33 siswa, 17 siswaa putri dan 16 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menanggapi, khususnya materi tentang internet. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1). Berpendapat sebelum tindakan 12,12%, siklus I pertemuan 1 18,18% dan pertemuan 2 30,30%, siklus II pertemuan 1 54,55% dan pertemuan 2 69,70%, siklus III pertemuan 1 78,79% dan pertemuan 2 100%. 2). Mengemukakan sanggahan sebelum tindakan 6,06%, siklus I pertemuan 1 9,09% dan pertemuan 2 24,24%, siklus II pertemuan 1 30,30% dan pertemuan 2 45,45%, dan siklus III pertemuan 1 60,61% dan pertemuan 2 81,82%. 3). Menyampaikan solusi sebelum tindakan 3,03%, siklus I 21,21%, siklus II 51,52%, dan siklus III 90,91%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode debat aktif dapat meningkatkan kemampuan menanggapi bahaya dan manfaat internet khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A510/2011-38 |
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menanggapi, debat aktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Aug 2011 10:15 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 05:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13768 |
Actions (login required)
View Item |