SARI, IKA PURNAMA (2011) STUDI KOMPARASI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUMPANG 1 KARTASURA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (82kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gumpang 1 Kartasura yang menggunakan metode Team Assisted Individualization (TAI) dan metode Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subyek penelitian 48 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. 24 siswa kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan 24 siswa kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Setelah itu dilakukan uji keseimbangan dengan uji T dengan taraf signifikansi 5 % dari perhitungan uji keseimbangan diperoleh hasil t-hitung = 0,577 < t-tabel = 1,679 maka H0 diterima sehingga dapat disimpulkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum penelitian dalam keadaan seimbang. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas (Liliefors) dan uji homogenitas (Bartlett), kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 3,941 > t-tabel = 1,679 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan prestasi matematika antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Team Assisted Individualization (TAI) dan metode Numbered Head Together (NHT). Dari nilai rata-rata postest kelompok eksperimen 84,58 dan SD = 9,99 dan nilai postest kelompok kontrol diperoleh rata-rata 74,79 dan SD = 6,99, maka prestasi matematika siswa kelas IV menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) lebih baik dibandingkan dengan metode Team Assisted Individualization (TAI).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prestasi matematika, metode Numbered Head Together (NHT), metode Team Assisted Individualization (TAI) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Aug 2011 09:45 |
Last Modified: | 02 Aug 2011 09:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13766 |
Actions (login required)
View Item |