STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 KANDANGAN TAHUN AJARAN 2010/2011

RAHARJO, AMIN BUDI (2011) STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 KANDANGAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
hal_depan.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_DATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini mengambil lokasi di SD N 1 kandangan Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Semester II SD N 1 kandangan. Tahun Ajaran 2010/ 2011 sebanyak 63 siswa, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas yang diberi perlakuan pembelajaran dengan strategi Team Quiz, dan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas yang diberi perlakuan pembelajaran dengan strategi Konvensional. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Uji instrumen (Try Out) dilakukan dengan uji Validitas dan Relliabilitas, Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t (uji perbedaan rerata). Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan pada BAB sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan Prestasi belajar IPA yang signifikan antara penggunaan metode Konvensional dengan menggunakan strategi Team Quiz pada siswa kelas V SD N 1 Kandangan Tahun 2010/ 2011. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,118 > 2,000. 2) Prestasi belajar IPA siswa yang dikenai Metode Team Quiz lebih baik jika dibandingkan dengan metode Konvensional. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 72,31> 66,26.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode Pembelajaraan Konvensional, metode pembelajaran Team Quiz dan Prestasi belajar IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Aug 2011 09:38
Last Modified: 02 Aug 2011 09:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13765

Actions (login required)

View Item View Item