UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI MELALUI METODE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 POJOK KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR

HIDAYAH, NURUL (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI MELALUI METODE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 POJOK KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)

Abstract

Dalam penelitian ini salah satu masalah yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran adalah masalah rendahnya kualitas pembelajaran. Siswa hanya sebagai obyek saja sedangkan pembelajaran berpusat pada guru sehingga minat, perhatian dan aktifitas siswa dalam kegiatan pembelajaran kurang maka hasil belajar rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi Koperasi dengan penggunaan metode Scramble pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Pojok Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2010 / 2011. Bentuk Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus. Masingmasing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi : klasifikasi data, penafsiran data, evaluasi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar IPS siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa sebelum dilakukan pembelajaran (pra siklus) adalah 38,09%, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 71,42%, dan meningkat secara signifikan pada siklus II sebesar 100%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya, dan optimal pada siklus II dengan hasil 100% siswa dapat memenuhi nilai KKM 70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Scramble dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Koperasi pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Pojok Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2010 / 2011. Adapun kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menggunakan Metode Pembelajaran Scramble prosentase hasil belajar dari tiap siklus terjadi peningkatan secara terus menerus pada siswa kelas IV semester II SD Negeri 02 Pojok Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010 / 2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Scramble, Peningkatan Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Aug 2011 09:19
Last Modified: 02 Aug 2011 09:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13763

Actions (login required)

View Item View Item