PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PETA KONSEP DALAM UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas IV Semester Genap di SD N Wirogunan 01)

HIDAYATI, LILIS NUR (2011) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PETA KONSEP DALAM UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas IV Semester Genap di SD N Wirogunan 01). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_DEPAN_-_ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Wirogunan 01 dengan menggunakan strategi pembelajaran peta konsep. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas IV SD Negeri Wirogunan 01 sebagai subyek perencanaan tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, sedangkan siswa kelas IV SD Negeri Wirogunan 01 yang berjumlah 25 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Hasil penelitian menyimpulkan 1.) adanya peningkatan kreativitas belajar matematika siswa yang meliputi aspek-aspek: a) menemukan cara lain dalam menyelesaikan masalah sebelum tindakan 32% dan di akhir tindakan 80%, b) mempunyai ide dalam menyelesaikan masalah sebelum tindakan 40% dan di akhir tindakan 72%, c) mengemukakan ide atau pendapat dengan jelas sebelum tindakan 48% dan di akhir tindakan 84%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa sehingga mengakibatkan meningkatnya prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi peta konsep dan kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Aug 2011 05:01
Last Modified: 02 Aug 2011 05:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13752

Actions (login required)

View Item View Item