HANDAYANI, NUR (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (186kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (123kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching) (2) untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa dalam pembelajaran Reciprocal Teaching Model pada materi peranan para pahlawan dalam mempersiapkan kemerdekaan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VC SD Muhammadiyah 16 Karangasem yang berjumlah 30 siswa dan pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru kelas VC. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada materi peranan para pahlawan dalam mempersiapkan kemerdekaan melalui Reciprocal Teaching Model. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum adanya tindakan hasil belajar IPS siswa rata- rata kelas 5,5 dan diakhir tindakan nilai rata- rata kelas mencapai 7,56. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Reciprocal Teaching Model dalam pembelajaran ilmu pengetahuan social dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar, Reciprocal Teaching Model |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 29 Jul 2011 03:06 |
Last Modified: | 29 Jul 2011 03:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13746 |
Actions (login required)
View Item |