MARYANA , DINA (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN SUDUT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 3 Karangdowo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (283kB) |
|
|
PDF (bab I)
03_BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
PDF (bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
Abstract
PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA GARIS DAN SUDUT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Karangdowo Tahun Ajaran 2010/2011) Dina Maryana, A 410 070 294, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 88 Halaman Tujuan dari penelitian ini adalah 1) meningkatkan keaktifan siswa, 2) hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku pemberi tindakan, dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Karangdowo, yang berjumlah 40 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan dan hasil belajar yang meliputi: 1) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 20 %, putaran I 47,23 %, putaran II 51,28 % dan di akhir tindakan 82,5 %, 2) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 22,5 %, putaran I 33,34 %, putaran II 43,59 % dan di akhir tindakan 65 %, 3) menanggapi atau mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 12,5 %, putaran I 30,56 %, putaran II 38,46 % dan di akhir tindakan 72,5 %, 4) menjawab pertanyaan dengan langkah dan jawaban yang tepat sebelum tindakan 17,5 %, putaran I 27,78 %, putaran II 35,89 % dan di akhir tindakan 82,5 %, 5) hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 63 sebelum tindakan 37,5%, putaran I 47,23%, putaran II 58,97%, dan di akhir tindakan 82,5 % Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran lightening the learning climate dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lightening the learning climate, keaktifan siswa, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 28 Jul 2011 10:25 |
Last Modified: | 28 Jul 2011 10:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13741 |
Actions (login required)
View Item |