PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA TEKS WACANA DIALOG PADA SISWA KELAS VIIA SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA

NURJIYANTI, NURJIYANTI (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA TEKS WACANA DIALOG PADA SISWA KELAS VIIA SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
totalan.pdf

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF
DAPUS.pdf

Download (121kB)
[img] PDF
DAFTAR_LAMPIRAN_BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis narasi siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 10 Surakarta dengan media teks wacana dialog (2) meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis narasi siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 10 Surakarta dengan media teks wacana dialog. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 10 Surakarta dan objeknya adalah proses belajar mengajar, khususnya pembelajaran menulis narasi dengan media teks wacana dialog kelas VIIA. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokmentasi, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja siswa dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) penggunaan media teks wacana dialog dapat meningkatkan proses pembelajaran menulis. Hal ini ditandai dengan persentase kedisiplian, minat, keaktifan, dan kesungguhan siswa dalam pembelajaran menulis narasi yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. (2) penggunaan media teks wacana dialog dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis narasi. Hal ini ditandai dengan nilai hasil tulisan siswa yang mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai terendah siswa 57 dan nilai tertinggi siswa adalah 74 sedangkan pada siklus II nilai terendah siswa 55 dan nilai tertinggi siswa adalah 80, (3) ketuntasan hasil belajar siswa meningkat. Dalam pretes hanya 12 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar (memperoleh nilai 62,5 ke atas). Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 60% atau 15 siswa dan pada siklus II menjadi 73,08% atau 19 siswa. Dengan demikian media teks wacana dialog terbukti mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIIA SMP Muammadiyah 10 Surakata.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis narasi, teks wacana dialog, penelitian tindakan kelas (PTK)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 28 Jul 2011 10:21
Last Modified: 28 Jul 2011 10:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13740

Actions (login required)

View Item View Item