IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH DAN METODE CERAMAH BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

RATNAWATI, TRI (2011) IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH DAN METODE CERAMAH BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03_BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran Index Card Match dan ceramah bervariasi terhadap prestasi belajar matematika, (2) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode Index Card Match lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah bervariasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV Semester 2 SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa : (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan metode Index Card Match dan metode ceramah bervariasi, berdasarkan uji t diperoleh thitung = 2,701 > ttabel = 1,998. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan metode Index Card Match lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah bervariasi, berdasarkan nilai rata-rata prestasi belajar matematika kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu thitung = 85,94 > ttabel = 78,79.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Ceramah Bervariasi, Metode Index Card Match, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Jul 2011 10:03
Last Modified: 28 Jul 2011 10:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13736

Actions (login required)

View Item View Item