PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA CATATAN HARIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

ROHMATIN, ENY (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA CATATAN HARIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 dengan menggunakan media catatan harian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan media catatan harian yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data observasi berupa aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi dan data berupa hasil karangan narasi siswa dan nilai menulis karangan narasi. Teknik pengumpulan data diambil dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa baik dalam aspek kognitif maupun motivasi belajar. Aspek kognitif dilihat dari banyaknya siswa yang memperoleh nilai 62, pada saat pra siklus ada sebanyak 16 siswa (47%), siklus I sebanyak 25 siswa (78%), dan pada siklus II sebanyak 32 siswa (94%). Rata-rata kelas juga mengalami peningkatan yakni pada pra siklus sebesar 60,5, siklus I sebesar 70, dan pada siklus II sebesar 74. Peningkatan motivasi belajar meliputi dua hal yakni keaktifan dan kesiapan siswa dalam menerima pelajaran. Dilihat dari keaktifan siswa dari pra siklus sampai siklus II sebesar (4-9-14), sedangkan dari kesiapan siswa sebesar (19-24-34). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media catatan harian dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Menulis Narasi, Media Catatan Harian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 28 Jul 2011 08:32
Last Modified: 28 Jul 2011 08:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13711

Actions (login required)

View Item View Item