PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING GUIDE UNTUK POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREPARAT PADA SISWA KELAS VII A SMP N 1 PRAMBANAN, SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011

RAHMAWATI, NURUL (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING GUIDE UNTUK POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREPARAT PADA SISWA KELAS VII A SMP N 1 PRAMBANAN, SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover_depan.pdf

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII A SMP N 1 Prambanan, Sleman pada pokok bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup dengan menggunakan strategi pembelajaran Reading guide dan media preparat. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP N 1 Prambanan, Sleman. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP N 1 Prambanan, Sleman. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dari siklus I sampai III untuk mengetahui keberhasilan dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) Penerapan strategi Reading guide dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan adanya kenaikan nilai rata-rata tiap siklus.(2) Nilai rata-rata prestasi belajar siklus I =62,9, siklus II=64,8, siklus III=76.9. (3) Rata-rata peningkatan keaktifan siswa siklus I=10,6, siklus II=13, siklus III=14,7.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, Reading guide (panduan membaca).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jul 2011 05:19
Last Modified: 27 Jul 2011 05:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13655

Actions (login required)

View Item View Item