Al Afghani, Jamaludin (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VIII H SMP NEGERI 02 COLOMADU, KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (193kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (50kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Colomadu dalam proses pembelajaran siswa ramai dan tidak konsentrasi dalam belajar (46%); siswa tidak aktif dalam pembelajaran (43%); siswa bermain dalam kelas pada waktu belajar (31%); siswa makan dalam pembelajaran (29%); kurang motivasi dalam pembelajaran (23%); siswa ngobrol ketika pembelajaran berlangsung (29%). Berdasarkan hasil observasi maka peneliti dan guru biologi memilih pembelajaran dengan pendekatan SAVI dan Media Gambar untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi menggunakan pendekatan SAVI dan Media Gambar pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dan Media Gambar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII H yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Analisis data pada penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan tindakan diperoleh rata-rata 5,1 dan rata-rata siklus I meningkat sebesar 6,3, siklus II 7,4. Menunjukan setelah diberi materi dengan model pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dan Media Gambar berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal. Untuk aspek afektif mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 12,3 (berminat, sedang), siklus II sebesar 16,2 (berminat, baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada materi sistem peredaran darah manusia siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2010/2011 pada aspek kognitif dan aspek afektif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan savi, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 27 Jul 2011 05:01 |
Last Modified: | 27 Jul 2011 05:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13650 |
Actions (login required)
View Item |