LISTYARINI, LISTYARINI (2011) PENGARUH KEGIATAN KEPRAMUKAAN DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD NEGERI II SENDANG WONOGIRI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (182kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (154kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan kepramukaan dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas V dan VI SD Negeri II Sendang Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011. Populasi penelitian adalah semua siswa SD Negeri II Sendang Wonogiri yang keseluruhan berjumlah 97 siswa dan sampel penelitian sebanyak 32 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pokok angket/kuesioner, dan metode dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data pengaruh kegiatan kepramukaan, pengaruh kedisiplinan siswa. Sedangkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan diperoleh dari hasil ujian tengah semester. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk melengkapi data yang telah terkumpul. Hasil perhitungan analisis regresi diperoleh harga Freg = 26,041, dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (6,24) adalah sebesar = 2,51 dan pada taraf signifikansi 1% = 4,26, hasilnya Fhitung > Ftabel = 26,041 > 2,51 atau Fhitung > Ftabel = 26,041 > 4,26. Hal ini menunjukan ada pengaruh positif dari kegiatan keparmukaan dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Kewaraganegaraan pada siswa kelas V dan VI SD Negeri II Sendang Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011. Hasil penelitian ini menujukan bahwa kegiatan kepramukaan berpengaruh terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan sebesar 25,6%, sedangkan kedisiplinan siswa memberikan pengaruh hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan sebesar 38,6%. Artinya masih ada faktor-faktor lain yang besarnya 35,8% yang secara efektif mempengaruhi hasil belajar Pendidikan kewarganegaraan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari pengaruh kegiatan kepramukaan dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kegiatan kepramukaan, kedisiplinan siswa, hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 09:01 |
Last Modified: | 26 Jul 2011 20:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13612 |
Actions (login required)
View Item |