PERTIMBANGAN GURU MATEMATIKA SMK DALAM MEMILIH BUKU PELAJARAN ( Studi Fenomenologi di SMK Negeri 1 Banyudono )

NURHAYATI, SITI NAVIAH (2011) PERTIMBANGAN GURU MATEMATIKA SMK DALAM MEMILIH BUKU PELAJARAN ( Studi Fenomenologi di SMK Negeri 1 Banyudono ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (227kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)

Abstract

Tujuan penelitian kualitatif ini adalah 1) untuk mengkaji, menganalisis dan mendiskripsikan pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku pelajaran sebagai bahan ajar di kelas dan 2) untuk mengkaji, menganalisis dan mendiskripsikan makna pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku . Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas X, XI dan XII SMK Negeri 1 Banyudono. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan second order understanding. Hasil penelitian kualitatif ini menunjukkan pertimbangan-pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku pelajaran. Pertimbangan tersebut dapat dilihat dari aspek: (a) kesesuaian materi, (b) penyajian materi, (c) bahasa, keterbacaan dan grafika, (d) latihan dan soal, (e) aksesibilitas terhadap buku pelajaran. Selain itu, hasil penelitian kualitatif ini menunjukkan makna-makna pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku pelajaran sebagai bahan ajar di kelas memiliki makna dapat meningkatkan siswa dalam bidang: (a) prestasi belajar, (b) keaktifan siswa, (c) pemahaman konsep, (d) aktivitas siwa, (e) minat siswa, (f) kreativitas, (g) motivasi, dan (h) kemampuan bernalar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pentingnya guru matematika SMK memilih buku pelajaran dengan mempertimbangan dari beberapa aspek. Aspek-aspek tersebut diatas sebagai pedoman yang layak untuk digunakan, agar supaya guru matematika mendapatkan buku yang baik yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Disamping itu juga makna pertimbangan sangat berpengaruh dengan keberadaan buku pelajaran. Guru matematika SMK dalam memilih buku pelajaran disesuaikan dengan maknamakna tersebut agar supaya siswa memiliki kemampuan bernalar yang bagus serta kesiapan setelah lulusan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-43
Uncontrolled Keywords: Pertimbangan memilih Buku Pelajaran, Buku pelajaran, Makna Pertimbangan, Guru Matematika SMK, Fenomenologi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:31
Last Modified: 31 Oct 2011 04:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13592

Actions (login required)

View Item View Item