PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN SORTIR KARTU (CARD SORT) (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 8 Salatiga)

NOVIANA, ERWIN (2011) PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN SORTIR KARTU (CARD SORT) (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 8 Salatiga). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran Sortir Kartu (Card Sort). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII SMP Negeri 8 Salatiga sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas VIIB yang berjumlah 34 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh, a) antusias siswa dalam mengikuti KBM sebelum tindakan sebesar 29,41% dan diakhir tindakan mencapai 82,35%, b) kemauan siswa untuk menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan sebesar 8,82% dan diakhir tindakan mencapai 73,53%, c) kemauan siswa untuk mengerjakan latihan soal sebelum tindakan sebesar 47,06% dan diakhir tindakan mencapai 82,35%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Sortir Kartu (Card Sort) pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi-siswa, strategi Sortir Kartu (Card Sort)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:26
Last Modified: 26 Jul 2011 04:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13590

Actions (login required)

View Item View Item