STRATEGI GURU DALAM MENCIPTAKAN KONDISI BELAJAR AKTIF PADA SISWA AKSELERASI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL NO.16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

KHUMAIDAH, UMI (2011) STRATEGI GURU DALAM MENCIPTAKAN KONDISI BELAJAR AKTIF PADA SISWA AKSELERASI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL NO.16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (222kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan upaya-upaya yang dilakukan guru dalam menciptakan kondisi belajar aktif pada siswa kelas V akselerasi SD Negeri Mangkubumen Kidul No.16. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V Akselerasi SD Negeri Mangkubumen Kidul no.16 Surakarta yang berjumlah 15 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Setelah melakukan analisis dan pembahasan terhadap data yang diperoleh, maka dapat dideskripsikan strategi apa saja yang dilakukan guru untuk menciptakan kondisi belajar aktif dan upaya-upaya apa saja yang dilakukan guru dalam menciptakan kondisi belajar aktif serta dapat diketahui faktor pendukung dan penghambat penerapan belajar aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada beberapa metode yang dilakukan guru dalam menciptakan kondisi belajar aktif antara lain: Metode pemberian teka teki silang, Metode Pertanyaan Peserta Didik ( Question Student Have ), Berbagi pengetahuan secara aktif ( Active knowledge sharing ), Kekuatan Berdua ( The Power of Two ), dan Belajar dengan Melakukan ( Action Learning ), dan upaya yang dilakukan guru dalam menciptakan kondisi belajar aktif seperti: Memulai apersepsi sebelum masuk pelajaran, Memberikan motivasi, Menggunakan media pembelajaran, Memberikan pujian atau reward, dan Belajar di luar kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi guru,belajar aktif, kelas akselerasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2011 09:21
Last Modified: 11 Jul 2011 09:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13374

Actions (login required)

View Item View Item