PENGARUH PERSEPSI ANAK TENTANG PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TEGAL SAMBI TAHUNAN JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011

KURNIAWATI , FITRIA DWI (2011) PENGARUH PERSEPSI ANAK TENTANG PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TEGAL SAMBI TAHUNAN JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (169kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa kelas V SD, di SD Negeri 1 Tegal Sambi Tahunan Jepara. Dalam penelitian ini populasi diambil siswa kelas V SD Negeri 1 Tegal Sambi sebanyak 30 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data perhatian orang tua, motivasi belajar dan disiplin belajar. Penelitian ini menggunakan teknik Analisis Regresi Linier Berganda Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Hasil uji t untuk variabel (X1) dengan menggunakan taraf signifikan 5% diperoleh thitung sebesar 2,485 dan ttabel sebesar 2,045, karena thitung > ttabel (2,485>2,045), maka dapat disimpulkan bahwa persepsi anak tentang perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar siswa. Untuk variabel X2 diperoleh thitung sebesar 2,781 dan ttabel sebesar 2,045, karena thitung > ttabel (2,781>2,045), maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar siswa. (2) Uji F memperoleh nilai Fhitung sebesar 9,944 dan Ftabel sebesar 3,32 karena Fhitung > F tabel (9,944>3,32), sehingga dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua (X1) dan motivasi belajar (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap disiplin belajar (Y). Untuk uji R2 diperoleh angka sebesar 0,424 artinya bahwa disiplin belajar dipengaruhi oleh perhatian orang tua dan motivasi belajar sebesar 42,4% dan sisanya 57,6% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Anak Tentang Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2011 08:46
Last Modified: 11 Jul 2011 08:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13368

Actions (login required)

View Item View Item