KARTIKASARI, SOFIA (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN PENERAPAN TEKNIK MEDIA GAMBAR DAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I TEGALREJO KECAMATAN SAWIT KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (87kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB__V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa dengan penerapan teknik media gambar dan penguasaan kosakata. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SDN 1 Tegalrejo Sawit, Boyolali yang berjumlah 18 siswa. Subjek pelaksanaan tindakan adalah guru kelas V dan peneliti. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data secara deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian ini ada 2, yaitu: 1) Keaktifan siswa dalam mengungkapkan makna puisi mengalami peningkatan, yaitu: pada tahap prasiklus sebesar 16,6%; pada tahap siklus I sebesar 50%; dan pada tahap siklus II sebesar 77,7%. Keaktifan siswa dalam bertanya mengalami peningkatan yaitu pada tahap prasiklus sebesar 22,2%; pada tahap siklus I sebesar 44,4%, dan pada tahap siklus II sebesar 72,2%. Keaktifan menjawab pertanyaan pada tahap prasiklus sebesar 27,7%; pada tahap siklus I sebesar 55%; dan pada tahap siklus II sebesar 83,3%. 2) Kemampuan siswa dalam menulis puisi yang dinilai berdasarkan pada enam, aspek yaitu menentukan tema puisi, membuat judul puisi, berimajinasi, menggunakan diksi, menulis bait dan baris puisi , dan mengetahui makna dari puisi mengalami peningkatan yaitu pada tahap prasiklus sebesar 63,9%; pada tahap siklus I sebesar 70,3%; dan pada tahap siklus II sebesar 76,4%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A510/2011-33 |
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menulis puisi, teknik media gambar dan penguasaan kosakata |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 05 Jul 2011 10:02 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 05:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13313 |
Actions (login required)
View Item |