UTAMI, DEWI SRI (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDAWUNG 1 TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_depan_dewi.pdf Download (238kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (66kB) |
|
PDF (Bab II)
3.DEWI._BAB_II_ACC.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab III)
4.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab IV)
5.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
||
PDF (Bab V)
6.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
8.Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian atau penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Kedawung 1 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada pokok bahasan peta legenda. Hal ini dapat dilihat dari: a) keaktifan dan antusiasme siswa dalam mejelaskan materi pembelajaran sebelum di adakan tindakan sebanyak 15 siswa, siklus I 20 siswa, siklus II 24 siswa, siklus III 33 siswa. b) mengerjakan soal latihan sebelum diadakan tindakan sebnyak 15 siswa, siklus I 20 siswa, siklus II 24 siswa, siklus III 33 siswa. c) keaktifan siswa mengajukan atau menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebanyak 15 siswa, siklus I 20 siswa, siklus II 24 siswa, siklus III 33 siswa. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah tindakan menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi hasil belajar siswa dengan adanya kenaikan KKM siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, nilai KKM siswa hanya sebesar 59,11%, siklus I sebesar 62,04%, siklus II sebesar 65,83% dan pada siklus III sebesar 71,02%. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, peneliti mengambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Hasil Belajar, Everyone Is A Teacher Here. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 05 Jul 2011 09:42 |
Last Modified: | 05 Jul 2011 09:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13311 |
Actions (login required)
View Item |